Penilaian Sumatif Akhir Tahun SMP IT AL-IKHWAN Pada Tahun Pelajaran 2023-2024 

Jum'at 7 Juni 2024, Penilaian Sumatif Akhir Tahun (PAT) adalah evaluasi pembelajaran yang diadakan oleh sekolah pada akhir tahun ajaran, khususnya pada semester genap. Tujuan utamanya adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada akhir semester genap. Penilaian ini dapat berbentuk tes tertulis, tes lisan, praktik, pengamatan, atau tugas dan produk.

SMP IT AL-IKHWAN Telah melaksanakan Penilaian Sumatif Akhir Tahun Pelajaran 2024 dimulai sejak tanggal 3 Sampai 7 Juni 2024 dengan menggunakan mode offline. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh Peserta Didik mulai dari kelas 7 sampai kelas 8 sebanyak 100 peserta didik, kegiatan tersebut telah dilaksanakan dengan hikmat sampai selesai. diharapkan dengan kegiatan rutinitas asesmen ini dapat memotivasi Peserta Didik agar lebih semangat lagi dalam berproses.

suasana tenang diruang 1

Selain itu, ada juga istilah Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) yang dilakukan di kelas VI SD, IX SMP, dan XII SMA/SMK. PSAJ merupakan evaluasi akhir yang mencakup berbagai mata pelajaran dan bertujuan untuk mengukur pencapaian peserta didik pada akhir jenjang pendidikan3